CURTAIN WALL

Diposkan oleh wismu sadono | 15.21 | 0 komentar »





Konsep Dinding Sebagai Filter
Konsep utama dalam memahami Curtain Wall adalah; dinding sebagai elemen fasad bangunan yang berfungsi sebagai filter umtuk memisahkan elemen luar dan dalam. Memberikan ruang arsitektur untuk di huni secara nyaman, membungkusnya dari elemen elemen luar seperti, sinar matahari, hujan, suara bising, panas dll. Untuk melakukan fungsinya sebagai filter yang memisahkan elemen luar dan dalam dan menciptakan ruang hunian yang nyaman dihuni, curtain wall harus mampu berdiri dan bertahan terhadap beban yang bekerja secara struktural. Faktor utama untuk dipertimbangkan dalam merancang Curtain Wall adalah integritas struktural Curtain wall itu sendiri. Berdasarkan jenisnya Curtain Wall dapat dikategorikan menjadi, Stick System, Unitized Systems, dan Semi Untized Systems.

Fungsi Curtain Wall sebagai filter memungkinkan gedung yang dibungkus dengan curtain wall dapat dihuni dengan nyaman di bagian interior memisahkan kondisi udara eksterior dan interior, karakter udara yang disaring, meliputi Debu, Suhu, kelembaban dan faktor lainnya.
Curtain Wall sebagai pengganti dinding mulai dikenal di dunia selepas pertengahan abad sembilan belas. Sebelumnya struktur bangunan menggunakan dinding tembok sebagai penyangga keseluruhan beban bangunan. Dalam bahasa arsitektur, ‘curtain wall’ adalah fasade yang tidak memiliki fungsi struktur, biasanya dengan penggunaan kaca.
Material Curtain Wall
Pada umumnya curtain wall terdiri dari frame aluminium dengan bahan pengisi kaca, aluminium composite panel atau material lain seperti beton pra cetak, batu alam dan plat metal lain.
Integritas Struktural
Sebelum mempertimbangkan fungsi lain sebagai filter, Curtain wall harus dirancang untuk mampu berdiri dan menerima beban baik dari material itu sendiri, seperti berat kaca, berat aluminium, aluminium composite panel, metal sheet. dll atau gaya-gaya yang ditimbulkan oleh faktor luar seperti angin hujan, salju, ekspansi alibat panas, gempa bumi.
Beban-beban yang berpengaruh dengan curtain wall
• Beban mati
• Beban angin
• Beban gempa
• Beban akibat salju
• Beban akibat panas
• Beban akibat ledakan

0 komentar

Poskan Komentar